Friday, November 7

Pengalaman Membeli Lensa 55-210 mm f/4.5-6.3 OSS di Tokocamzone

Sony 55-210mm f4.5-6.3 OSS
Sony 55-210mm f4.5-6.3 OSS

Saya sudah beberapa kali membeli barang secara onlen. Tapi membeli lensa adalah hal lain karena saya tidak punya cukup pengalaman dalam hal itu. Berdasarkan hasil bertanya kepada Mbah Google, dan setelah mencari toko lensa onlen ke sana ke mari, yang bisa dibilang cukup sulit karena tidak ada referensi yang cukup, akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk "coba-coba" belanja di Tokocamzone.

Lensa bawaan paket pembelian Sony Alpha A6000 merupakan lensa standar dengan spesifikasi 16-50mm f/3.5-5.6. Lensa bawaan itu terasa kurang memadai untuk mengambil gambar yang jaraknya agak jauh. Saya memutuskan untuk membeli lensa tambahan dengan spesifikasi 55-210mm f/4.5-6.3. Saya memilih lensa itu setelah membaca berbagai review dari web-web lokal dan luar negeri mengenai rekomendasi lensa yang cukup bagus dan tepat untuk memotret objek yang jauh.

Sebenarnya saya menginginkan lensa 55-210mm f/4.5-6.3 OSS yang berwarna hitam. Tetapi dikarenakan stok tidak tersedia di Tokocamzone, dan dengan pertimbangan bahwa saya lebih membutuhkan fungsinya daripada style warna, akhirnya saya memilih lensa tersebut. 

Saya cukup merasa heran dengan pelayanan customer service Tokocamzone. Dari enam CS yang online menggunakan Yahoo messenger, dan semuanya saya tanya mengenai barang yang akan saya beli, hanya satu yang memberikan respon. Dan itu juga bisa dikatakan respon yang cukup lambat mengingat saya perlu menunggu kurang lebih 30 menit untuk mendapat tanggapan pertama. Jika ada toko lensa lain yang bisa jadi pilihan, saya tidak akan menunggu lebih lama lagi untuk pindah ke toko lain. Bayangkan jika ada 10 orang yang mengalami perasaan sama dengan saya, berapa peluang penghasilan yang telah mereka lewatkan?? Unbelievable!

Customer service yang melayani saya bernama Anto. Saya menanyakan namanya. Saya tidak tahu apakah dia memberikan jawaban yang benar atau tidak. Tetapi, setidaknya, saya punya pegangan untuk mencari siapa jika di kemudian hari terjadi masalah dengan proses pembelian yang saya lakukan.

Setelah melakukan obrolan hampir selama 1 jam, menanyakan detail kelengkapan lensa dan lain-lain, cara pembayaran beserta pengiriman barang, akhirnya saya meminta agar pesanan saya dikirim menggunakan paket JNE YES. Saya juga meminta packing kayu walaupun untuk itu ada biaya tambahan, tetapi saya berpikir lebih baik membayar sedikit agak mahal tetapi keamanan barang pesanan kita minimal bisa dijamin.

Sebagai info tambahan, membeli barang di Tokocamzone tidak dikenakan ongkos kirim apabila kita menggunakan jasa pengiriman JNE REGULER, atau untuk lebih jelasnya silahkan dibaca syarat dan ketentuan yang mereka buat, di website mereka.

Akhirnya, singkat cerita, saya selesai melakukan deal  pembelian lensa Sony 55-210mm f/4.5-6.3 OSS di Tokocamzone. Saya melakukan transfer biaya beserta ongkos kirim dan juga packing kayu yang saya inginkan demi keamanan lensa yang saya beli itu. Karena saya membeli pada sore hari, sekitar jam 5, maka barang pesanan saya akan dikirim keesokan harinya.

Sehari berikutnya, saya menghubungi saudara Anto untuk menanyakan apakah orderan saya sudah diproses atau belum. Dia menanyakan nomer HP saya untuk mencocokkan dengan alamat tujuan pengiriman barang. Dia katakan bahwa resi pengiriman JNE telah dikirim ke nomer HP saya. Ternyata benar. Saya memang jarang menyentuh HP jika tidak ada keperluan yang jelas.

Berbekal nomer resi JNE yang saya terima, saya lalu membuka website jne.co.id untuk melakukan order tracking, agar saya tahu sudah sampai di mana barang pesanan saya. Yang mengejutkan, ternyata orderan saya dikirim menggunakan paket JNE REGULER!!! Saya hampir saja marah mengingat saya sangat membutuhkan lensa itu SEGERA!!! 

Akhirnya saya kembali membuka Yahoo messenger dan bertanya perihal "kesalahan" ini. Lagi-lagi, Anto, atau mungkin siapapun yang ada di ujung sana, membantu saya untuk mengecek pesanan saya. Kesan yang saya tangkap dari pengalaman pertama berbelanja di Tokocamzone adalah bahwa customer service mereka "terasa" seperti bekerja dalam tekanan yang tinggi dan (mungkin) suasana yang tidak mengenakkan. Saya tidak tahu. Bisa saja CS yang melayani saya sedang mengalami masalah pribadi yang cukup berat. Saya juga tidak tahu. Yang jelas, mereka bukan robot dan mereka manusia biasa yang punya rasa lelah dan lain-lain, sama seperti saya. Saya tahu itu.

Akhirnya Anto, atau siapapun di ujung sana, meminta maaf dan menjelaskan tentang "kesalahan" ini, dan juga mengakui kesalahan di pihak mereka. Apa boleh buat, saya toh tidak punya pilihan kecuali menerima apa yang sudah terjadi dan hanya bisa berharap serta menunggu lensa saya datang dalam kondisi selamat. Saya tidak mempermasalahkan kelebihan biaya pengiriman atau uangnya, saya hanya menyayangkan bahwa dengan terlambatnya pesanan saya tiba, artinya saya "kehilangan momen", dan itu cukup saya sesalkan. Oh ya, mereka berbaik hati mengembalikan kelebihan biaya pengiriman yang ada.

Dua hari kemudian, barang pesanan saya sampai. Teman saya mengambilnya langsung ke gudang JNE pada sore hari sekitar jam 5. Sebenarnya, kata teman saya, barang itu akan diantar keesokan harinya. Dan, secara keseluruhan, terlepas dari pelayanan saat membeli yang saya akui sangat lambat, juga kesalahan penggunaan paket pengiriman dan lain-lain, saya harus mengapresiasi Tokocamzone dalam hal menjaga keselamatan barang yang dibeli konsumen.

Berikut ini beberapa foto yang menunjukkan betapa rapinya Tokocamzone mengemas barang pesanan pelanggan. Saya bahkan sangat terkejut dan tidak menduga mereka mengemas sebaik ini. Luar biasa!

Kemasan kayu yang menjamin keamanan paket
Kemasan kayu yang menjamin keamanan paket
Gambar di atas menunjukkan paket yang saya terima. Berlapis kayu, untuk meminimalisir benturan mengingat lensa kamera merupakan barang yang sangat sensitif dan harus diperlakukan dengan ekstra hati-hati.


Membutuhkan palu untuk membongkar packing kayu
Membutuhkan palu untuk membongkar packing kayu

Saya bahkan memerlukan bantuan sebuah palu untuk membongkar kotak kayu pelapis paket yang saya terima, harus hati-hati membongkarnya jangan sampai terjadi kesalahan palu membentur apa yang ada dalam paket, yang justru merusak apa yang sudah dikemas dengan sangat baik.


paket diamankan dengan segel
Paket diamankan dengan segel

Terlihat jelas "plastik gelembung" yang melindungi paket di bagian luar. Sangat aman dari benturan selama perjalanan. Adanya segel memastikan bahwa barang yang kita terima tidak pernah dibongkar oleh siapapun.

SEL 55-210 mm f/4.5-6.3 OSS garansi
SEL 55-210 mm f/4.5-6.3 OSS, bergaransi Tokocamzone

Saya sangat salut dengan cara Tokocamzone mengemas barang. Berlapis-lapis dengan "plastik gelembung" dan juga kardus. Alhamdulillah, lensa SEL 55-210mm f/4.5-6.3 OSS yang saya beli tiba dalam kondisi mulus, tak kurang suatu apapun. Sebagai info tambahan, lensa yang saya beli ini hanya garansi toko, BUKAN garansi resmi dari Sony. Tetapi saya tidak mempersoalkan hal itu mengingat saya tau cara memperlakukan barang (selama ini saya belum pernah membutuhkan garansi dari perangkat apapun  yang saya beli, syukurnya).

Sony Alpha A6000 + SEL 55-210 mm f/4.5-6.3
Sony Alpha A6000 + SEL 55-210mm f/4.5-6.3

Pasangan yang sangat serasi antara Sony Alpha A6000 dengan SEL 55-210mm f/4.5-6.3 untuk memotret objek yang agak jauh. Saya tidak sabar untuk mencobanya. Sayang sekali hujan turun dengan cukup deras di luar rumah.

1 comment :

  1. agan pernah ke toko fisiknya TokocamZone? yg pusatnya di ITC Fatmawati. kalau agan sempat kesana mungkin agan tau kalau tokonya itu kecil dan crowded dengan pengunjung. dan sepertinya cs yg di messenger itu juga sebagai cs di toko yg melayani pelanggan. ane sendiri sempat beberapa kali ke sana dan memang krn ramainya itu ane ngerasa di cuekkin hahaha. btw kalau garansi mereka punya paket extend tapi dengan biaya tambahan tentunya.

    ReplyDelete