Saturday, April 11

Beberapa Jenis Kamera Saku (Compact Digital Camera)

Salah satu jenis kamera yang paling umum dan dimiliki oleh banyak orang selain kamera pada handphone adalah kamera saku. Kita biasa mengenalnya dengan sebutan kamera digital, atau kamera saku. Mungkin alasan dinamakan kamera saku karena ukurannya yang tergolong mungil dan muat dimasukkan ke dalam saku atau kantong pada pakaian kita.

kamera digital Sony DSC-RX100 II
Kamera digital Sony DSC-RX100 II
Gambar di atas merupakan salah satu contoh jenis kamera saku digital merk Sony tipe DSC-RX100 II. Kamera ini merupakan salah satu kamera saku terbaik yang bisa kita jumpai di pasaran. Fitur-fiturnya cukup lengkap dan juga handal untuk memotret terutama di ruangan terbuka.

Beberapa macam kamera saku yang biasanya kita temukan di toko-toko kamera antara lain:

Compact Camera

Maksudnya yaitu kamera saku digital yang "biasa" alias tidak memiliki keunggulan tertentu dibandingkan dengan kamera  lain.  Ukurannya tentu saja cukup mini sehingga mudah dimasukkan ke dalam saku dan gampang dibawa jalan-jalan.

Superzoom

Kamera jenis ini memiliki  optikal zoom yang cukup memadai untuk mengambil gambar objek dari jarak yang jauh. Dengan  rentang zoom optik yang cukup panjang, kualitas gambar yang dihasilkan biasanya cukup baik untuk memotret objek yang jauh, setidaknya lebih baik daripada digital zoom. Dan ukurannya tetap cukup mini dan mudah dibawa ke mana-mana.

Advance Compact Camera

Kamera saku jenis ini biasanya memiliki ukuran sensor kamera yang lebih besar daripada kamera saku pada umumnya. Dan gambar yang dihasilkan oleh kamera ini  boleh dibilang sangat baik, walaupun tidak akan setara dengan kamera DSLR, tentunya. Contoh kamera dari tipe ini misalnya seperti pada gambar di atas, kamera Sony DSC-RX100 yang memiliki ukuran sensor 1 inchi.

Untuk memilih kamera mana yang akan dibeli, tentunya kita menyesuaikan dengan tujuan pemakaian kamera dan yang paling penting budget yang kita miliki. Yang perlu dipertimbangkan, ukuran sensor kamera. Semakin besar sensornya maka akan semakin bagus, dengan resiko harganya juga lebih mahal. Tapi hasil jepretannya akan semakin baik.

Selamat berburu kamera!

0 comments :

Post a Comment