Thursday, November 10

Info: Beli Sigma USB Dock UD-01 (CANON Mount) di Ebay

Saya tinggal di Indonesia, tentu saja. Dan, mencari barang-barang elektronik merk tertentu, dengan tipe tertentu, serta kegunaan tertentu, sering kali menyulitkan. Tapi saya tidak hobi menyerah. Apalagi barang yang saya inginkan rasa-rasanya akan saya perlukan pada masa mendatang. Benda langka itu adalah Sigma USB Dock UD-01 for CANON.

Apa gunanya benda ini? Fungsinya yang paling penting adalah untuk upgrade firmware lensa. Dan kegunaan yang tak kalah pentingnya tentu saja untuk kalibrasi lensa. Tak perlulah ditanya, lensa yang bisa diutak-atik dengan alat mungil dan ringan ini adalah lensa buatan Sigma, terlepas dari apakah mount lensanya untuk kamera CANON, Nikon, ataupun kamera pabrikan Sigma, yang penting mount-nya sesuai dengan USB Dock yang kita beli. Dan tidak semua lensa bisa "menikmati" USB Dock Sigma ini, hanya jenis-jenis tertentu--yang tidak akan saya sebutkan pada tulisan ini.

Alkisah, saya mencari USB Dock Sigma ini ke beberapa toko online. Menanyakan apa mereka punya stok barang yang saya inginkan. Saya bertanya membabi buta, untuk akhirnya kecewa dengan jawaban yang hampir mirip: stok kosong. Bahkan saya menyuruh teman saya di Jakarta untuk mendatangi toko Focusnusantara, Tokocamzone, dan beberapa toko lain yang yang saya tahu alamatnya dari Google.

Saya, memang, bukan orang penyabar. Singkat kata dan cerita, saya mencarinya di Ebay. Saya bertanya bolak-balik pada beberapa orang penjual di sana, dengan bahasa inggris yang cukup belepotan. Dan pilihan saya jatuh pada pedagang bernama sacchan2008. Kesepakatan pun terjadi: saya mau beli Sigma USB Dock for CANON yang ia jual itu, dengan syarat dia mengirimnya menggunakan DHL. Soal biaya bukan perkara buat saya, berapapun saya bayar asal barang itu bisa sampai  ke tangan saya, secepatnya.

Dan pada hari yang ditentukan, yaitu 4 (empat) hari setelah tanggal transaksi, barang itupun dikirim dari asalnya di Narita (Jepang) sana. Sang penjual sudah memberi tahu saya bahwa pengiriman barang ada delay beberapa hari, namun itu saya setujui dalam percakapan terdahulu dengannya. Dan, yang mengagumkan adalah betapa hebatnya jasa pengiriman DHL itu. Sejauh ini, 2 (dua) kali saya memakai jasa DHL, dan belum pernah kecewa. Semoga tidak.

Tanggal 7 November 2016, barang saya dikirim dari Jepang. Dan pada tanggal 9 November sore hari, sekitar jam 3, ketika saya cek ke website DHL, paket untuk saya telah sampai. Sehari berikutnya, tanggal 10 November 2016, kira-kira jam 8 pagi, saya mendapat telepon dari kantor DHL, menanyakan ancer-ancer ke alamat saya, karena ada kiriman yang akan diantar. Tapi saya jawab bahwa paket untuk saya itu akan saya ambil sendiri. Dan saya mengambilnya ke kantor DHL, tanpa dikenakan biaya tambahan.

Kiriman dari Jepang menggunakan jasa DHL
Terlihat bahwa di bagian pinggir bungkusan paket itu seperti bekas dibuka. Dan sepertinya benar, karena di bagian atas juga ada "sobekan" serupa. Saya semakin yakin bahwa paket itu pernah "diperiksa" dengan cara yang buru-buru dan kasar, karena begitu saya buka isinya, "plastik gelembung" yang membungkus USB Dock yang saya beli itu sudah dalam keadaan terbuka, tidak dipasang lagi sebagaimana mestinya, dan berantakan. Saya tidak tahu siapa atau kantor DHL mana yang menggeledah dengan semena-mena paket itu. Yang penting buat saya adalah, barangnya dalam kondisi baik. Dan sampai tepat waktu ke tangan saya.

Sigma USB Dock UD-01
Akhirnya, benda itu bisa saya dapatkan. Tentu saja saya senang. Dan isi  paketan itu antara lain:
  1. USB Dock Sigma
  2. Kabel USB
  3. Lembar garansi
  4. Manual (petunjuk) cara penggunaan dalam beberapa bahasa
  5. Warranty sticker (bisa ditempel kelihatannya, saya tidak terlalu peduli)
Sigma USB Dock inside the box

Demikian, pengalaman belanja di Ebay yang cukup menyenangkan. Semoga info kecil ini berguna buat pembaca yang sedang mencari USB Dock Sigma.

Salam jepret.

2 comments :

  1. Pagi. Sy mau tanya apakah ini bisa bikin lensa sigma 30mm f1.4 ex dc for nikon hsm jadi autofokus? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Hallo,

    Sejujurnya saya tidak mengerti apakah bisa atau tidak merubah atau menambah fungsionalitas lensa seperti yang diinginkan di atas.

    Sepengetahuan saya, fungsi autofokus pada lensa bisa berjalan karena adanya perangkat khusus yang terdapat di lensa. Jadi kalau lensanya support auto-fokus dari sananya, mestinya usb dock ini bisa berguna untuk mengkalibrasi dan tunning lensa.

    Dan perlu diketahui bahwa saya tidak punya pengalaman dengan brand Nikon sama sekali.

    Yang jelas adalah bahwa usb dock ini bisa digunakan untuk upgrade firmware lensa, yang tentu saja akan menambah performa lensa jadi lebih baik.

    ReplyDelete