Tuesday, November 4

Macam-macam Ukuran dan Jenis Sensor Kamera

Waktu awal-awal punya HP Nokia dulu, banyak yang bertanya: kameranya berapa megapiksel? 2MP. 1,3MP. 3,15MP. Dan lain-lain. Bahkan dulu salah satu pertimbangan saya membeli handphone antara lain adalah dengan melihat seberapa besar MP pada kameranya. Ada semacam "kepercayaan" bahwa semakin tinggi ukuran megapiksel pada kamera, maka hasil atau kualitas fotonya kian bagus.

Padahal, bukan itu faktor utama baik dan buruknya kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera. Setidaknya, itu yang saya pahami saat ini. Bahwa kualitas hasil foto sebuah kamera justru paling dipengaruhi oleh seberapa besar ukuran sensornya.

sensor kamera digital berdasarkan ukurannya
Macam-macam sensor kamera berdasarkan ukurannya

Ukuran Sensor Kamera Digital

Pada jaman kamera masih berbentuk analog (menggunakan film atau istilah lainnya mungkin klise), kamera akan memproyeksikan cahaya yang ditangkap oleh lensa ke film. Prinsipnya mungkin mirip dengan cara kerja mata (tentu saja, mata kita bekerja dengan sistem yang jauh lebih rumit dari alat buatan manusia manapun). Jika saya tidak salah ingat, kita bisa melihat benda karena adanya "pantulan cahaya" dari benda dan mengenai mata kita.

Pada kamera digital (maksudnya kamera yang tidak menggunakan film), fungsi film digantikan oleh alat yang disebut sensor. Sensor kamera inilah yang akan mempengaruhi seberapa baik gambar atau foto yang dihasilkan. Secara umum, semakin besar ukuran sensor sebuah kamera, maka akan semakin baik hasil pengambilan gambarnya.

Ukuran sensor pada kamera digital umumnya ada beberapa tipe, antara lain:
  1. Full Frame
  2. APS(H/S/C)
  3. 1.5" (inchi)
  4. Micro Four Thirds (4/3")
  5. 1 inchi
  6. dll.
Gambar di atas memberikan ilustrasi yang jelas mengenai perbandingan ukuran sensor pada kamera. Patokan mudahnya, ukuran sensor full frame berarti sama luasnya dengan ukuran film yang digunakan pada kamera analog, yaitu sekitar 35mm. Dan untuk lebih memahami hasil pengambilan gambar dengan objek yang sama tetapi menggunakan ukuran sensor yang berbeda, simak gambar di bawah ini:
perbandingan ukuran sensor pada kamera
Image credit: gizmag.com

Jenis Sensor Kamera

Beberapa sensor kamera digital yang banyak digunakan antara lain:
  1. CCD (Charge-coupled device)
  2. CMOS
  3. Foveon
  4. LiveMOS
Mungkin masih ada beberapa jenis sensor lainnya yang belum saya ketahui. Saya akan meng-update catatan ini jika kelak saya telah mendapat informasi tambahan.

Demikian! Semoga bermanfaat.
Jangan segan-segan memberi koreksi jika ada yang salah, maklum masih terus belajar.


0 comments :

Post a Comment